26 Mei 2013

Hasil Quick Count Pilkada Temanggung 2013





Pilkada TemanggungKomisi Pemilihan Umum Kabupaten Temanggung menggelar pemungutan suara dalam memilih Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Temanggung pada Pilkada 2013 untuk periode 2013-2018. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Temanggung menetapkan lima pasangan calon yang bertarung dalam Pemilukada tersebut.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Temanggung melakukan penghitungan cepat hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Temanggung pada 26 Mei 2013. Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Temanggung digelar berbarengan dengan Pemilihan gubernur (Pilgub) Provinsi Jawa Tengah pada tahun 2013.

Hasil Quick Count Penghitungan Suara Pilkada Temanggung 2013 :

1. Pasangan Budiarto - Dedi Haryadi : 70.518 suara (20,3%)
2. Pasangan Fuad Hidayat - Andoyo : 88.450 suara (25,4%)
3. Pasangan Bambang Sukarno - Irawan Prasetyadi : 141.608 suara (40,7%)
4. Pasangan Hadi Kuswanto - Tri Murdoko : 8.797 suara (2,5%)
5. Pasangan Anif Punto Utomo - Budidoyo : 37.810 suara (10,8%)

#Hasil Pilkada Temanggung sementara Berdasarkan pantauan di KPU Temanggung, Minggu malam (25/5/2013), data dari 1.317 TPS yang sudah masuk dan data masuk maksimal hanya 80% suara.

Pasangan Budiarto-Dedi Haryadi diusung PPP, PKNU, Demokrat, Golkar dan Hanura. Pasangan Fuad Hidayat-Andoyo yang diusung oleh PKB dan Gerindra. Pasangan Bambang Sukarno-Irawan Prasetyadi diusung oleh PDI Perjuangan (PDIP). Pasangan Hadi Kuswanto-Tri Murdoko dari calon pasangan perseorangan. Pasangan Anif Punto Utomo- Budidoyo diusung Partai Amanat Nasional.

"Pelaksanaan Pilbup Temanggung bersamaan dengan Pilgub Jateng, namun kami hanya melakukan hitung cepat untuk pilbup saja, sedangkan hitung cepat pilgub dilakukan KPU Provinsi Jateng," kata Ketua KPU Temanggung, Sujatmiko, di Temanggung, Selasa (21/5).

Ia mengatakan, hitung cepat dimaksudkan untuk memberikan informasi kepada masyarakat, namun yang digunakan nantinya tetap hasil penghitungan manual. Penghitungan cepat dilaporkan masing-masing panitia pemungutan suara di tingkat desa langsung ke KPU Temanggung melalui pesan singkat (SMS).

"Hasil pilkada dilaporkan PPS ke KPU dan hanya ketua PPS yang bisa melaporkan karena nomor teleponnya sudah terdaftar di software KPU. Nomor telepon yang tidak terdaftar tidak bisa masuk ke perangkat tersebut," tuturnya.

Sujatmiko mengatakan, hasil akhir rekap manual di PPS akan dilakukan pada 27 Mei 2013, di tingkat panitia pemilihan kecamatan (PPK) pada 29 Mei 2013, dan di tingkat KPU Temanggung dilakukan pada 1 Juni 2013. "Hasil akhir rekap manual di KPU tersebut bisa diketahui apakah pilbup berlangsung satu putaran atau dua putaran," ucapnya.

Ia menegaskan, sebelum 1 Juni 2013 meskipun telah ada hitung cepat yang mungkin juga dilakukan oleh lembaga survei, hasil tersebut belum resmi dan KPU hanya menggunakan hasil manual. Ia berharap, masyarakat menggunakan hak pilihnya dengan baik, waktu pencoblosan pada Minggu (26/5) berakhir pukul 13.00 WIB dan penghitungan untuk pilkada akan dilakukan lebih dulu.

"Kami berharap masyarakat juga ikut mengawal penghitungan suara. Kami juga telah meminta semua pasangan calon untuk menghadirkan saksi di TPS," tukasnya. (Ant) -

Sumber : http://hasil-quick-count-pilkada.blogspot.com/2013/05/hasil-quick-count-pilkada-temanggung.html