11 Desember 2016

Beternak Ayam Broiler Tanpa Bau Tanpa Vaksin

Oleh : Mahmud Efendi, S.Tr.Pi. (Penulis Buku Beternak Ayam Broiler Tanpa Bau Tanpa Vaksin)


Cover Buku


Untuk Medapatkan Buku Tersebut Silahkan Menghubungi :
Pemasaran Agromedia Pustaka:
Jl. Kelapa Hijau No.22 Rt.006/03 Jagakarsa
Jakarta Selatan 12620
Telp. (021) 7888 1850, Fax. (021) 7888 1860
E-mail : pemasaran@agromedia.net







Timbulnya bau di kandang ayam broiler yang menyengat sering kali menjadi masalah yang serius bagi peternak, apalagi kandang ayam berada pada lingkungan permukiman penduduk. Selama ini masyarakat beranggapan bahwa, idealnya kandang ayam broiler berada jauh dari pemukiman penduduk. Masyarakat khawatir ketika jarak lokasi peternakan terlalu dekat dengan rumah akan memberikan dampak buruk, seperti bau yang menyengat dari kandang, lalat yang menyebar ke permukiman, dan penyebaran penyakit flu burung. Kekhawatiran masyarakat bertambah besar ketika peternak tidak rajin untuk membersihkan kandang, sehingga kotoran ayam akan menumpuk dan sulit untuk dibersihkan.






Pada dasarnya, bau yang timbul dari kandang ayam broiler disebabkan oleh, konstruksi kandang  dan tempat penampungan kotoran yang tidak benar. Penyebab lainnya, yaitu ketika konsumsi pakan mulai meningkat pada umur diatas dua mingguan membuat kotoran yang dikeluarkan oleh ayam pun semakin banyak dan berpotensi menimbulkan bau. Karena itu, merupakan tantangan tersendiri bagi peternak untuk bisa beternak ayam dengan membuat kandang di halaman rumah yang bebas bau serta tidak mengganggu kenyamanan di lingkungan sekitar. Selain masalah bau di kandang, peternak ayam juga harus menghadapi tantangan biaya pakan yang cenderung terus meningkat. Tak dapat dipungkiri, biaya pakan merupakan faktor utama bagi  peternak dalam mengembangkan usahanya. Karena itu,   diperlukan pula metode beternak yang hemat biaya pakan dengan tetap menghasilkan ayam yang berkualitas.

Melihat kondisi tersebut, kami mencoba memberikan tip dan trik kepada peternak untuk bisa memelihara ayam broiler di pekarangan rumah yang hemat biaya pakan, bebas polusi, dan bebas bau. Kami telah lama beternak ayam pedaging di pekarangan rumah dengan konsep
ramah lingkungan dan tidak menimbulkan bau.

Buku yang sedang anda pegang ini akan menjelaskan mengenai cara beternak ayam broiler dilahan sempit lengkap dengan tahapan membuat pakan hasil racikan sendiri dengan  fermentasi yang mampu menambah bobot daging  ayam broiler serta tidak menimbulkan bau.

Buku ini juga menjelaskan cara membuat ramuan herbal dengan bahan tradisional yang mudah didapat, cara menanggulangi hama penyakit yang menyerang ayam broiler, cara membangun konstruksi kandang yang tepat, dan cara memanfaatkan kotoran ternak untuk pupuk organik pertanian serta sumber bahan baku pakan lele organik. Tidak lupa pula, buku ini menjabarkan teknis perawatan lainnya yang juga dilengkapi dengan analisis usaha. Kami

berharap, semoga pengalaman kami dalam buku ini dapat bermanfaat bagi dunia peternakan, khususnya peternakan ayam broiler. Salam Petani Mandiri dan Sejahtera.