11 Desember 2016

Beternak Kambing dan Domba Cepat Gemuk, Tahan Penyakit, Bebas Bau


Oleh : Mahmud Efendi, S.Tr.Pi
(Penulis Buku Beternak Kambing dan Domba Cepat Gemuk, Tahan Penyakit, Bebas Bau)






Untuk mendapatkan Buku Tersebut Silahkan Menghubungi :
Pemasaran Agromedia Pustaka :
Jl. Kelapa Hijau No.22 Rt.006/03 Jagakarsa
Jakarta Selatan 12620
Telp. (021) 7888 1850, Fax. (021) 7888 1860
E-mail : pemasaran@agromedia.net



Peternakan kambing/domba identik dengan bau dan jorok. Karena itu, jarang sekali peternakan ruminansia ini yang berada dekat dengan pemukiman warga. Belum lagi, pakan hijauan yang harus disiapkan setiap hari membuat orang enggan menjalani usaha ini. Sebenarnya, ada cara untuk mengatasi agar pakan hijauan tidak perlu dicari setiap hari, serta bagaimana mengatasi bau peternakan agar tidak lagi menyengat, sehingga bisa diaplikasikan di lahan samping rumah. Kuncinya terletak pada konstruksi dan sanitasi kandang yang baik, serta pemberian pakan pelengkap berupa pakan fermentasi dari bahan-bahan yang mudah ditemukan seperti gedebog pisang atau jerami yang ditambahkan dengan suplemen probiotik, tanpa harus mengandalkan pakan hijauan.

Probiotik adalah istilah yang digunakan pada mikroorganisme hidup yang dapat memberikan efek baik atau kesehatan pada organisme lainnya. Jenis bakteri asam laktat (lactic acid bacteria –LAB) sebagai mikroba paling umum digunakan dan sudah dijual bebas di pasaran. Karena itu, bakteri ini tidak berbahaya digunakan, karena LAB telah banyak dipakai dalam industri makanan karena mampu untuk mengubah gula (termasuk laktosa) dan karbohidrat lain menjadi asam laktat.
iv
Di dalam probiotik yang digunakan pada proses fermentasi pakan, terdapat mikroorganisme alami yang menjadi pengurai amonia pada kotoran kambing, sehingga kotoran lebih aman ketika dimanfaatkan sebagai pupuk organik di lahan pertanian, udara di sekitar kandang pemeliharaan kambing tetap terasa segar, dan kambing menjadi tidak mudah terserang penyakit. Buku ini menjelaskan segala hal tersebut, dari cara membuat pakan fermentasi sebagai pengganti pakan hijauan menggunakan bahan-bahan yang murah dan mudah didapat, tetapi tetap mampu mendongkrak pertumbuhan ternak dan tidak menimbulkan bau. Disajikan pula cara ampuh menanggulangi hama dan penyakit pada kambing dan domba—tentu saja dengan menggunakan ramuan alami/herbal, cara membangun konstruksi kandang yang tepat agar sirkulasi berjalan lancar, cara memanfaatkan kotoran dan urine ternak untuk dijadikan pupuk organik pertanian, serta teknis perawatan lainnya lengkap dengan analisis usaha.

Harapan kami, semoga buku ini dapat bermanfaat bagi dunia peternakan, khususnya peternakan kambing dan domba, sehingga bisa menjadi usaha alternatif bagi petani agar lebih sejahtera. Bagi kami, memulai usaha peternakan tidak melulu rumit dan mahal, kami sudah membuktikannya. Salam Petani Mandiri dan Sejahtera