30 November 2013

PASAR IKAN DANGKEL MENJADI SENTRA MINAPOLITAN

Sumber : Temanggungkab.go.id
 
TEMANGGUNG, DPRD Temanggung siap membantu pemkab untuk memfungsikan Pasar Ikan Dangkel Parakan agar dapat dijadikan sentra minapolitan. Dengan demikian keberadaan sentra perikanan air tawar tersebut termanfaatkan secara  optimal.
     Hal itu dikemukakan anggota Komisi C DPRD Temanggung, Mattoha dikantornya kemarin. Diutarakan Pasar Ikan Dangkel saat ini kondisinya sudah mulai rusak karena tidak terpakai. DPRD terus berusaha berkomunikasi dan membantu pemkab untuk memfungsikannya. Pada tahun sebelumnya, DPRD sudah meminta pemkab untuk memfungsikan pasar ikan ini sebagaimana mestinya.
     Salah satu langkah yang diambil adalah memindahkan pedagang ikan yang berada di tepi jalan Parakan-Ngadirejo ke dalam pasar. Tetapi itu bukan persolan mudah, karena pedagang menolak.
     Untuk menangani hal tersebut, pihaknya juga telah menurunkan anggaran untuk membeli lahan yang digunakan oleh para pedagang ikan sehingga dapat dipindahkan ke Pasar Ikan Dangkel. Namun, pemilik lahan mematok dengan harga yang tinggi yang tidak terjangkau anggaran yang disediakan.
     “Kami tetap akan membantu untuk memfungsikan pasar ini. Harapnnya, agar dapat dijadikan sentra minapolitan. Sangat disayangkan fasilitas sebanyak ini dengan sangat lengkap tetapi tidak difungsikan dengan optimal,” terangnya.

Pasar Ikan Dangkel 2010

     Menurutnya, Parakan merupakan kawasan minapolitan yang dijadikan sentra jual beli perikanan air tawar dan sekaligus pembudidayaan. Untuk kepentingan tersebut, keberadaan pasar ikan tentu sangat dibutuhkan. Disisi lain manakala pasar ikan dangkel bisa berfungsi optimal m,aka secara otomatis akan berdampak positif meningkatkan ,mobilitas perekonomian masyarakat sekitar.