10 Februari 2015

Temanggung Kaji Budidaya Ikan Uceng

Selasa, 10 Peb 2015 09:38:36  WIB


Temanggung, Antara Jateng - Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, akan melakukan pengkajian dan penelitian ikan uceng yang selama ini hidup di perairan umum untuk dibudidayakan.

"Kami bekerja sama dengan Pusat Penelitian dan Pengembangan Kelautan dan Perikanan untuk mengkaji dan meneliti ikan lokal yang memiliki nilai ekonomi tinggi ini," kata Kepala Bidang Perikanan, Dinas Peternakan dan Perikanan (Disperikan) Kabupaten Temanggung M. Hadi di Temanggung, Selasa.

Ia mengatakan ikan uceng selama ini belum bisa dibudidayakan dan hasil olahan ikan uceng hanya mengandalkan hasil tangkapan dari sungai. Harga ikan uceng mentah mencapai Rp50 ribu per kilogram, sedangkan ikan uceng goreng mencapai Rp250 ribu per kilogram.

Ia menuturkan penelitian dan pengkajian akan dilakukan di kolam Mudal, milik Pemkab Temanggung.

"Penelitian ini memerlukan waktu lama dan penelitian ini baru yang pertama, kalau nanti hasilnya bagus bisa ditindaklanjuti tahun berikutnya.
Ikan Uceng


Ia berharap kalau ikan uceng bisa dibudidayakan maka bisa untuk memenuhi kebutuhan pengolah uceng. Selain itu, kalau berkembang dengan baik bisa ditebar untuk menambah populasi di perairan umum.


Menurut dia pengkajian dan penelitian ikan uceng merupakan permintaan dari para nelayan di Desa Guntur, Temanggung, karena pada musim hujan mereka kesulencari ikan uceng, padahal permintaan tetap tinggi.

"Rencana penelitian dan pengkajian nantinya juga akan menggunakan indukan dari hasil tangkapan warga Guntur yang selama ini dikenal banyak warga desa tersebut yang melakukan penangkapan uceng di Sungai Progo," katanya.

Ia menuturkan ikan uceng hasil tangkapan di Temanggung memiliki rasa yang lebih enak dibanding ikan uceng hasil tangkapan di daerah lain.

Editor: Mahmudah
Sumber : 
http://www.antarajateng.com/detail/temanggung-kaji-budidaya-ikan-uceng-.html




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apabila ada yang kurang jelas Silahkan tulis komentar anda....
Silahkan Baca Artikel saya secara Lengkap sampai kebawah .....
Maaf sementara kami belum bisa memenuhi pesanan Bibit Belut dll